Kegiatan Sanggar /DCB/: Teater Anak Negeri

Apa dan Bagaimana Seni Teater? 

Seni teater merupakan aktifitas berkesenian yang sangat luas cakupannya, yang membutuhkan pemahaman terhadap berbagai bentuk seni lainnya (seni tari, vokal, musik, drama, tata-busana, dll, serta kemampuan berorganisasi) dimana melalui seni teater (khususnya di Teater AN) siswa diharapkan dapat membangun kepribadian mandiri, rasa percaya diri, kemampuan berpikir dengan cepat (kecerdasan kognitif & psikomotorik) maupun mempertajam kepekaan sosial (kecakapan berinteraksi) yang mana akan menjadi dasar berharga sejak usia dini, meski mereka pada akhirnya memutuskan untuk tidak mendalami kegiatan berkesenian, dan memilih profesi lain. 

Pola pelatihan teater AN lebih menitik beratkan pada kreatifitas untuk menghasilkan bentuk-bentuk baru dari karya seni dan budaya yang seringkali monoton & tidak sesuai lagi dengan jaman, tingkat kejenuhan penikmat seni dan perubahan budaya dengan berkembangnya perangkat elektronik sehingga selain berteater, mengikuti kegiatan seni/olah raga/aktifitas lain-lainnya justru dapat memperkaya wawasan dalam berteater. 

Teater AN juga mengajarkan tentang kepekaan rasa dan pengenalan diri maupun pengenalan lingkungan dimana pengajaran ini berkaitan langsung dengan kontrol emosi yang berdasarkan penelitian para psikolog dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang sehingga saat ini untuk mengukur kecerdasan tidak hanya digunakan tes IQ (Intelligence Quotient) tetapi juga dilengkapi dengan tes EQ (Emotional Quotient). 

Selain eskul, Teater AN juga menyelenggarakan latihan di sanggar yang berfungsi sebagai sarana berinteraksi dengan lingkungan antar sekolah, seniman, wartawan dan publik yang berfungsi sebagai perluasan pengalaman. 

Mulai periode ini (2011-2012) Teater Anak Negeri akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan teater gratis, namun tidak dapat dipungkiri bahwa suatu aktifitas tetap akan membutuhkan biaya, sehingga untuk menekan biaya, kami mengundang para orang tua untuk terlibat sebagai relawan dalam mengkoordir siswa, mengelola administrasi dan keuangan, atau berbagi pengetahuan lain yang berupaya meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan bagi anggota Teater Anak Negeri. Selain partisipasi sebagai relawan, para orang tua juga dapat memberikan sumbangan sukarela namun sudah seharusnya tidak bersifat mengikat dan bersyarat.

Pendaftaran dan latihan teater di sanggar Teater Anak Negeri, dilaksanakan di Gedung Indonesia Menggugat (d/h Landraad; di samping Bank BNI Viaduct) Jl. Perintis Kemerdekaan no. 5 Bandung, setiap hari jum’at jam 1300 sampai dengan jam 1500, atau menghubungi telephone informasi /DCB/: 0813 2251 9971 (Aub).

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Kegiatan Sanggar /DCB/: Teater Anak Negeri"

Post a Comment